Epoxy Lapangan Olahraga

Epoxy Lantai untuk Lapangan Olahraga

Gambar Aplikasi Epoxy Lantai pada Lapangan Olahraga
Foto-Pekerjaan-17.jpeg

Previous
Next

Lapangan olahraga adalah salah satu arena di ruang terbuka maupun dalam ruangan yang menjadi pusat aktivitas fisik manusia. Olahraga seperti basket, badminton, tenis, voli, menggunakan lapangan olahraga dengan permukaan lantai yang standar. Epoxy lapangan olahraga mesti diaplikasikan dengan perencaan yang baik dan dialukan oleh aplikator berpengalaman.

Untuk membangun lantai lapangan olahraga yang kuat dan tahan lama, lantai perlu dilapisi dengan epoxy outdoor. Epoxy menjadi salah satu pilihan lapisan lantai yang dapat menahan beban dan memiliki daya tahan yang kuat. Tidak hanya itu, epoxy lantai ini memiliki kegunaan lain yaitu membuat permukaan menjadi lebih kedap air dan minyak. Lantai epoxy juga mempunyai ketahanan terhadap bahan-bahan kimia lainnya.

Bahan yang Berbeda untuk Masing-Masing Kebutuhan Lapangan Olahraga

Gambar

Bahan-bahan epoxy beragam macamnya, dan digunakan sesuai kebutuhan. Penggunaan epoxy lantai lapangan olahraga akan berbeda antara lapangan indoor (dalam ruangan) dan lapangan outdoor (luar ruangan).

Jenis-jenis Epoxy Lapangan Olahraga:

Gambar

Epoxy Thinner Based

Epoxy thinner based biasa digunakan di lapangan olahraga indoor. Kita bisa melihatnya di lantai berbagai pusat kebugaran. Seperti namanya, epoxy thinner menggunakan bahan pelarut thinner atau solvent. Proses pengaplikasiannya juga membutuhkan usaha lebih dan cukup menyita waktu. Hal ini karena tingkat kekentalannya yang tinggi. Namun, hasilnya akan sangat bagus dan tahan lama.

Gambar

Epoxy Solid Content

Epoxy solid content adalah cat pelapis lantai yang pengaplikasiannya cukup rumit. Kandungan solid solfent 100% dengan bahan dasar padat (solid), perlu trik khusus dalam proses pengaplikasiannya. Namun demikian, jenis cat pelapis lantai ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Gambar

Epoxy Water Based

Seperti namanya, epoxy ini berbahan dasar air sebagai bahan pelarutnya. Karena menggunakan air, maka tingkat kekentalannya jauh di bawah jenis cat lainnya. Dengan demikian, pengaplikasiannya akan lebih mudah, dan harganya terjangkau. Epoxy jenis ini banyak digunakan oleh kontraktor atau tukang bangunan gedung sarana olahraga.
Epoxy jenis ini lebih cocok untuk diaplikasikan pada lapangan olahraga outdoor (luar ruangan), dan tidak disarankan untuk sering terkena tekanan. Cat pelapis ini juga tidak membuat permukaan lapangan menjadi sangat halus, kuat, dan mengkilap.

Setelah kita mengetahui jenis-jenis epoxy lantai olahraga, kini kita urai jenis epoxy mana yang cocok untuk lapangan olahraga tertentu berdasarkan letaknya (indoor/outdoor):

Epoxy Lapangan Olahraga Indoor (Dalam Ruangan)

Lapangan olahraga indoor tidak terkena sinar matahari langsung dan masih terlindungi dari hujan, maka biasanya lapangan ini dibuat mengkilap. Penggunaan cat epoxy lantai olahraga dipilih yang anti slip dan tidak licin.

Keamanan dan kenyamanan pemain menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Dan hal ini harus dipersiapkan sejak awal dalam membangun konstruksi lapangan indoor. Mulai dari pengecoran, pembuatan lantai beton, proses tahap awal pelapisan cat epoxy, hingga finishing untuk membuat lantai mengkilap dan halus.

Berikut adalah rekomendasi epoxy lantai olahraga indoor yang digunakan :

25
26
27

Previous
Next

1. Lapangan Badminton: beban permainan badminton adalah aktivitas para pemain yang begitu cepat dalam berlari. Epoxy yang disarankan adalah epoxy solid content dan epoxy thinner based.

2. Lapangan Futsal: aktivitas olahraga futsal yang cukup tinggi dan dimainkan oleh banyak orang, bebannya menjadi lebih berat. Jenis epoxy yang disarankan adalah epoxy solid content.

3. Lapangan Voli: beban permainan voli tidak hanya dari pergerakan para pemainnya, tetapi juga pantulan bola. Epoxy yang cocok digunakan adalah epoxy thinner based yang berbahan dasar thinner atau solvent. Bahan yang kental membuat permukaan lantai lebih bagus dan tahan lama.

Epoxy Lapangan Olahraga Outdoor (Luar Ruangan)

Berbeda sifat dari lapangan olahraga indoor, lapangan olahraga outdoor senantiasa terkena paparan sinar matahari, hujan dan perubahan cuaca. Bagian permukaan lantainya harus dibuat khusus dan dilapisi cat epoxy agar lebih kedap minyak dan air.

Berikut adalah rekomendasi epoxy lantai olahraga outdoor yang digunakan:

Gambar

A. Lapangan Basket Outdoor: beban pada aktivitas olah raga basket terdapat pada pantulan dribble bola basket dan pemain yang kencang berlari mengejar bola. Jenis epoxy yang cocok untuk lapangan basket adalah epoxy water based.

B. Lapangan Tenis Outdoor: aktivitas olahraga tenis memberikan beban kepada lantai lapangan olahraga saat bola dipantulkan, dan pemain berlari mengejar bola. Jenis epoxy yang cocok digunakan adalah epoxy water based, karena sifatnya anti slip terutama jika saat hujan.

Memilih jenis epoxy lantai lapangan olahraga yang sesuai dan terbaik untuk diaplikasikan di lapangan olahraga sangat penting, karena akan berpengaruh pada kekuatan lantai dan keamanan para pemain.

Agar hasil pengaplikasian cat epoxy untuk besi lebih maksimal, diperlukan teknik dan keahlian khusus, termasuk dalam pemilihan bahan-bahan dan peralatan yang tepat dengan membaca artikel tentang epoxy untuk outdoor.